Senin, 31 Agustus 2015

kesultanan perlak

1. kesultanan perlak
- Bukti-bukti sejarah :
dapat diketahui bahwa kesultanan Islam tertua di Indonesia adalah Kerajaan Perlak. Beberapa bukti sejarah itu adalah naskah naskah tua berbahasa Melayu, seperti Idharatul Haq fi Mamlakatil Ferlah Wal Fasi, Kitab Tazkirah Thabakat Jumu Sultan As Salathin, dan Silsilah sultan-sultan Perlak dan Pasai. Dalam naskah tersebut dijelaskan bahwa kerajaan Perlak didirikan pada tanggal 1 Muhharam 225 H (840 M). Keberadaan kesultanan Perlak juga dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan sejarah, seperti mata uang Perlak, stempel kesultanan, dan makam raja-raja Benoa. Tapi banyak buku yang menyebutkan bahwa kesultanan Samudera pasailah yang tertua di indonesia
- Pertama kali diperintah oleh:
 Saiyid Abdul Aziz yang bergelar Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Shah.
Raja terakhir:
disebutkan bahwa raja terakhir yang memerintah Perlak adalah Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdul Aziz Syah Johan 662-692 H (1263-1292 M).
-Sejarah:

 Saiyid Abdul Aziz berhasil mengangkat negerinya sebagai pancaran sinar Islam di Nusantara. Sayang, Perlak tidak memiliki putra mahkota karena sultan terakhir hanya memiliki seorang putri yang kemudian menikah dengan sultan dari Samudera Pasai pada tahun 1292. Sejak saat itu, Perlak menjadi bagian dari wilayah kesultanan Samudera Pasai. 


1 komentar:

About Me

Popular Posts

Designed By Seo Blogger Templates